Bimtek WUB IKM dari Kementrian Perindustrian dilaksanakan di Kabupaten Jayawijaya

Wamena - Kementerian Perindustrian Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis  Wirausaha Baru (WUB) Industri Kecil dan Menengah (IKM) dalam rangka Pertumbuhan dan Pengembangan WUB IKM di Kabupaten Jayawijaya, Rabu (8/11/23).

Kegiatan ini juga berkerja sama dengan anggota Komisi VII DPR RI, Ditjen IKMA Kementrian Perindustrian RI dan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya yang berlangsung selama 4 hari mulai dari tanggal 8-11 November 2023.

Asisten I Sekda Kabupaten Jayawijaya Drs. Tinggal Wusono, M.AP saat membacakan sambutan Bupati Jayawijaya pada Pembukaan Bimtek WUB IKM Kabupaten Jayawijaya. Foto : Rio Protokoler

Asisten I Sekda Kabupaten Jayawijaya Drs. Tinggal Wusono, M.AP Mewakili Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, turut hadir dan membacakan sambutan Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua, SE, M.Si dan tak lupa memberikan ucapan terima kasih dan mengucapkan selamat datang di kota wamena, Kabupaten Jayawijaya kepada seluruh rombongan dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dalam hal ini direktur industri aneka dan IKM kimia, Sandang, dan Kerajinan, Direktorat jenderal industri kecil, menengah dan aneka, serta anggota komisi VII DPR-RI.

Dalam kesempatan itu, Asisten I Sekda Kabupaten Jayawijaya mengatakan bahwa keberadaan WUB di sektor industri kecil dan menengah berperan penting dalam memperkuat perekonomian nasional, terutama dalam perluasan kesempatan berusaha dan bekerja hingga ke pelosok daerah.

Menurutnya dalam era digital saat ini, berbagai bisnis dijalankan dengan mengutamakan konsep kreatif sehingga tidak saja memudahkan masyarakat tapi juga mengintensifkan kreativitas, dan seiring berjalannya waktu, perkembangan bidang ekonomi pada akhirnya sampai di taraf ekonomi kreatif, dimana kreativitas menjadi hal yang utama dalam pengembangan ekonomi.

Bimbingan teknis penumbuhan wirausaha baru industri kecil menengah yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dilaksanakan sebanyak 12 judul Bimbingan Teknis dengan jumlah peserta 35 orang untuk masing-masing judul dengan total keseluruhan peserta 420 orang.

Seluruh peserta Bimtek WUB IKM Kabupaten Jayawijaya di Gedung Duta Injil . Foto : Rio Protokoler

Selain itu Asisten I Sekda juga berharap melalui kegiatan ini akan banyak memberikan wawasan dan pengetahuan para peserta serta mendorong mereka untuk membuka usaha sendiri, sehingga akan menambah pendapatan dan kesejahteraan mereka dan masyarakat sekitar.

Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan 12 pelatihan diantaranya adalah Bimtek Kerajinan Kayu, Batik, Anyaman, Pupuk Organik, Kopi Barista, Makanan Ringan, Olahan Pangan Berbasis Ikan, Olahan Pangan Frozen Food, Bengkel Roda Dua, Service Elektronik, Bengkel Las, dan Service Alat Pendingin (Freezer). (AgW/AW)

    3 Komentar

    Marpin kenelak

    20 November 2023

    Industry seya senang menarik ikut kapan lagi

    Marpin kenelak

    20 November 2023

    Industry seya senang menarik ikut kapan lagi

    Marpin kenelak

    24 November 2023

    Saya senang saya menarik ikut program ikm papua pengunungan kapan mulai lagi

    Cari Berita

    Pengumuman

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    top