KONSULTASI PUBLIK RENCANA DETAIL TATA RUANG (RDTR) PERKOTAAN WAMENA

 

Wamena – Asisten I Sekda Kabupaten Jayawijaya Drs Tinggal Wusono, M.A.P menghadiri acara Konsultasi publik 1 (satu) penyusunan dokumen rencana detail tata ruang (RDTR) perkotaan wamena yang dilaksanakan di Grand Baliem Hotel, Selasa (19/9/2023).

Dalam kesempatan itu Drs Tinggal Wusono, M.A.P menjelaskan tentang  Perekembangan Pembangunan kota Wamena dimana wilayah kota wamena sebagai salah satu wilayah fungsional pada Distrik/Kecamatan di Kabupaten Jayawijaya  telah mengalami perkembangan relatif yang cukup pesat.

Drs Tinggal Wusono, M.A.P menghadiri acara Konsultasi publik 1 (satu) penyusunan dokumen rencana detail tata ruang (RDTR) perkotaan wamena

Foto : Rio (Protokoler)

“Pertumbuhan wilayah kota wamena berpedoman pada rencana rinci yang disusun secara integral dan terpadu, sehingga wilayah kota wamena akan tumbuh dan berkembang dengan pengawasan dan pengendalian yang lebih jelas dan terarah dan diharapkan melalui kegiatan ini dapat menyusun rencana tata ruang dalam bentuk penyusunan rencana detail tata ruang (rdtr) perkotaan wamena” paparnya.

Selain itu Drs Tinggal Wusono, M.A.P menjelaskan bahwa Perkembangan kawasan perkotaan merupakan pusat kegiatan dan aktifitas masyarakat yang mana memerlukan konsep perencanaan yang terpadu dan serasi yang saling terintegrasi antar berbagai kegiatan sektoral perkotaan, sehingga dapat menghindari dan meminimalkan percampuran fungsi kegiatan dalam ruang kawasan perkotaan yang kurang terencana.

RDTR diharapkan akan dapat meningkatkan fungsi dan peran perkotaan wamena sebagai suatu kawasan fungsional perkotaan yang memiliki nilai ekonomis tinggi, dan dapat menjadi kawasan yang memiliki layanan bukan hanya pada skala lokal, tetapi bisa menjangkau antar wilayah bahkan regional.

Namun menurutnya peningkatan fungsi dan peran perkotaan wamena harus didukung oleh kualitas prasarana jalan, untuk memudahkan aksesibilitas dan mobilisasi pergerakan, sehingga memiliki hubungan interkoneksitas dengan wilayah sekitarnya, termasuk terhadap daerah pemasaran hasil-hasil produksi.

Para Peserta Konsultasi publik 1 (satu) penyusunan dokumen rencana detail tata ruang (RDTR) perkotaan wamena

Foto : Rio (Protokoler)

Lanjut kata Asisten I Sekda Kabupaten Jayawijaya mengenai sasaran yang hendak dicapai dalam pelaksanaan pekerjaan ini adalah menciptakan keselarasan, keserasian dan keseimbangan antar lingkungan permukiman dalam kawasan. Kemudian mewujudkan keterpaduan program pembangunan antar kawasan maupun dalam kawasan.

Lanjut sasaran berikut yaitu terkendalinya pembangunan kawasan strategis dan fungsi kota, baik yang dilakukan pemerintah maupun masyarakat dan swasta. Kemudian sasaran keempat yaitu mendorong investasi masyarakat di dalam kawasan, serta sasaran kelima yaitu terkoordinasinya pembangunan kawasan antara Pemerintah, masyarakat dan swasta. (AgW/AR)

    Cari Berita

    Pengumuman

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    top