Standar Operasional Prosedur harus ditindaklanjuti dengan cara di Publikasikan

WAMENA – Asisten 1 Sekda Jayawijaya Drs.Tinggal Wusono,M.A.P  Membuka kegiatan Pendampingan Penyusunan Standar Operasional Prosedur ( SOP) bagi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya yang dilaksanakan di Gedung Otonom Kabupaten Jayawjiaya, Kamis (14/9/23).

Dalam Sambutan Bupati Jayawijaya Jhon R.Banua,S.E.,M.Si yang dibacakan oleh Asisten 1 sekda Jayawijaya, disampaikan bahwa dengan adanya pendampingan kegiatan ini diharapkan para peserta  dapat memahami proses dan alur pembuatan standar  operasinal prosedur atau yang biasa di singkat dengan SOP, sehingga setiap kegiatan di perangkat daerah memiliki   acuan dan standar  dalam pelaksanaannya.

Asisten 1 Sekda Jayawijaya Drs.Tinggal Wusono,M.A.P  Membuka kegiatan Pendampingan Penyusunan Standar Operasional Prosedur ( SOP) bagi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya

Foto : Imanuel Sawaki

Dikatakan oleh Asisten I bahwa dalam tahun 2022 Pemerintah telah melaksanakan kegiatan serupa untuk 2 perangkat daerah  yaitu Dinas Kesehatan dan Dinas ketahanan pangan agar  tercipta  kesamaan persepsi antara satu perangkat daerah  dan perangkat daerah lainnya dalam membuat dan menjalankan SOP dalam setiap kegiatan.

Menurutnya, dengan adanya pendampingan  SOP  diharapkan setiap peserta mampu untuk  menyusun SOP pada masing-masing OPD.

“Masih banyak perangkat daerah yang belum membuat standar operasional prosedur, sehingga tidak sesuai SOP yang telah diatur dalam peraturan  Menteri Dalam Negeri nomor 52 tahun 2011  tentang standar operasional prosedur di lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota” tutur Asisten I Sekda.

Drs.Tinggal Wusono,M.AP  mengungkapkan bahwa hal ini terjadi karena perangkat daerah belum siap dan  tidak memiliki basis data pelanggan yang dilayani, meskipun setiap hari melakukan layanan kepada masyarakat.

Para Peserta kegiatan Pendampingan Penyusunan Standar Operasional Prosedur ( SOP) bagi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya

Foto : Imanuel Sawaki

 “Untuk itu saya minta dengan sangat agar saudara-saudari bisa bekerja secara jujur dan professional, paham terhadap setiap aturan yang mendukung kegiatan tersebut dan paham terhadap SOP yang telah ditetapkan” Ungkapnya.

Drs.Tinggal Wusono,M.A.P  juga mengingatkan bahwa hasil standar operasional prosedur (SOP) ini harus ditindaklanjuti dengan cara di publikasikan di media masa untuk diketahui oleh masyarakat.

Karena itu jika apa yang dirasakan oleh masyarakat berbeda dengan hasil penilaian SOP yang diperoleh, kondisi  akan berdampak pada menurunnya kepercayaan publik kepada layanan yang di berikan.

“ Untuk itu saya menghimbau agar semua peserta pelatihan  bisa bekerja secara profesional, mampu memberikan saran dan pertimbangan yang baik kepada pimpinan sehingga kebijakan yang akan diambil tidak berdampak negatif pada kinerja organisasi, tetapi justru yang diharapkan adalah dampak positif dari setiap output yang kita hasilkan” kata Asisten I Sekda. (AgW)

    Cari Berita

    Pengumuman

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    top