FBLB Sebagai Even Untuk Melindungi Kearifan Lokal

WAMENA - Setelah berlangsung selama tiga hari di Distrik Walesi-Jayawijaya, Papua. Festival Budaya Lembah Baliem ke-30 resmi ditutup Sekda Jayawijaya Yohanes Walilo S.Sos.,M.Si, Jumat (09/08/2019).

Sekda Jayawijaya Yohanes Walilo S.Sos,.M.Si,. saat menutup kegiatan tersebut mengatakan FBLB adalah event untuk melindungi kearifan budaya lokal di zaman moderen dan untuk mengedukasi generasi muda Papua khususnya di wilayah pegunungan tengah. "Semoga even ini memberikan pengalaman yang baru bagi tamu undangan, turis domestik dan manca negara yang hadir dalam pagelaran FBLB," ungkap Sekda Walilo.

Ia juga berharap pegelarann ini akan memberikan kesan tersendiri dan menambah pengetahuan tentang keberagaman. "Kebersamaan seluruh element yang terlibat ini menunjukan kepada kita bahwa hanya dengan sebuah kebersamaan dan kekompakan kita, mampu berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara tercinta," tuturnya.

Pada kesempatan itu Sekda juga menyampaikan terimakasih kepada para wisatawan yang telah meluangkan waktu untuk menyaksikan pagelaran seni ini, serta semua pihak yang telah ikut menyukseskan kegiatan FBLB. Sebanyak 500an orang wisatawan manca negara memgambil bagian dalam pesta budaya yang berlangsung selama tiga hari ini.

Salah satunya Susane, wisatawan asal German yang mengungkapkan ini merupakan, kali pertama dirinya menyaksikan langsung even FBLB. "Saya senang sakali karena ini pertama kali bagi saya dan sudah menunggu moment ini sekitar 6 tahun," ujarnya. Ia bahkan berencana untuk datang kembali untuk menyaksikan FBLB.

Menurut Susane informasi tentang FBLB sudah banyak di internet sehingga cukup memudahkan dirinya untuk mencari informasi. Sama halnya dengan Jhon asal Inggris, menurutnya ini pertama kalinya ia menyaksikan FBLB.

"Bagi saya acara ini (FBLB) sangat bagus sekali dan saya berencana untuk datang kembali menyaksikan event ini di kemudian hari," ujarnya.

Tambahnya, tujuan utama dirinya bersama teman-temannya yakni untuk mendaki puncak Cartens, namun karena ada FBLB sehingga dirinya memutuskan untuk menyaksikan FBLB terlebuh dahulu sebelum mandaki Cartens. (Vin/Rs)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top