Meski Baru Di Resmikan, Bupati Minta Puskesmas Piramid Langsung Buka Pelayanan

WAMENA – Guna meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Distrik Piramid, salah satu distrik yang berbatasan langsung dengan kabupaten Lanny Jaya. Maka pemerintah Kabupaten Jayawijaya telah membangun sebuah puskesmas, dan pada Jumat (08/03) kemarin diresmikan langsung oleh Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua.

Puskesmas yang telah diusulkan masyarakat selama tiga tahun berturut-turut ini diharapkan nantinya dapat melayani masyarakat di 11 kampung yang tersebar di distrik tersebut. "Puskesmas ini dibangun karena masyarakat di distrik Pyramid butuh pelayanan kesehatan yang baik dan karena wilayah kita luas maka kita menambah beberapa puskesmas agar masyarakat tidak harus berjalan berkilo-kilo meter untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,” ungkap Bupati Banua.

Sebelumnya, warga di Distrik Piramid mendapatkan pelayanan kesehatan dari Puskesmas Distrik Asologaima, yang hanya memiliki tenaga medis sebanyak 36 orang, dan ini dirasakan sangat sulit dengan jangkauan pelayanan yang cukup luas. “Ada lima distrik yang masuk satu Puskesmas Asologaima, tetapi sekarang yang sudah punya puskesmas adalah Pyramid, Silo Sukarno Doga dan Asologaima sehingga tinggal Distrik Muliama dan Distrik Wame yang belum ada tetapi itu masuk pelayanan Puskesmas Asologaima,” katanya.

Meskipun baru saja diresmikan, namun bupati langsung memerintahkan
dinas terkait untuk segera mengfungsikan puskesmas Piramid.

Kepala Dinas Kesehatan Jayawijaya dr, Willy Manbieuw, Sp.B mengatakan sebelum peresmian ini ada beberapa pegawai yang ditempatkan di Puskesmas Assologaima, dan 8 tenaga kesehatan akan ditempatkan di Puskesmas Piramid.

“Sebelumnya puskesmas ini pustu yang masuk dalam wilayah kerja puskesmas Assologaima, tetapi karena masuk distrik sendiri sehingga harus memiliki puskesmas dan kita sudah tempatkan tenaga kesehatan,” ungkapnya.

Sementara untuk tenaga dokter, menurut Kadiskes belum ada tenaga dokter yang ditempatkan di puskesmas tersebut, ia juga belum bisa memastikan kapan ada tenaga dokter yang ditempatkan disana, karena masih ada beberapa puskesmas yang lebih dulu diresmikan namun sampai saat ini belum memiliki tenaga dokter.

“Saya akui untuk tenaga dokter masih kurang, apalagi yang kita akan usulkan untuk registrasi ditahun ini, itu juga ada beberapa puskesmas yang tak memiliki dokter, 2 tenaga dokter di Asologaima untuk menkafer sementara pyramid,” pungkasnya. (Vin/Rs)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top