Jelang 1 Desember, TNI/Polri di Wamena Gelar Apel Gabungan

WAMENA - Mengantisipasi pengembangan situasi (bangsit) jelang 1 Desember. Aparat gabungan TNI/Polri bersama pemerintah Jayawijaya gelar Apel Gabungan, yang berlangsung di seputaran Menara Salib kota Wamena, Senin (30/11/20).

Selain mengantisipasi pengembangan situasi 1 Desember, apel gabungan yang melibatkan 200 personil  ini juga sekaligus untuk pengamanan jelang Natal dan Tahun Baru.

Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua, SE,M.Si yang mengambil langsung apel tersebut mengatakan bangsit 1  Desember dan Bulan Kasih Natal serta Tahun Baru, akan ada banyak kegiatan-kegiatan gereja, sehingga perlu dilakukan pengecekan kesiapan anggota TNI/Polri yang ada.

"Mari kita bersama-sama ikut berpartisipasi menjaga keamanan dan Ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah Jayawijaya ini," ungkap Bupati Jayawijaya.

Ia berharap, dengan bersinerginya seluruh komponen yang ada di Wamena, dapat ini melahirkan kekuatan dan persatuan.

Sehingga kenyamanan di tengah tengah masyarakat akan tercipta dengan baik, apalagi menjelang perayaan Natal dan tahun baru yang tinggal menghitung hari.

"Kita selaku penanggungjawab keamanan dan Ketertiban masyarakat harus selalu bersinergi dan bahu membahu untuk mewujudkan situasi yang kondusif, aman dan nyaman kepada masyarakat,," katanya.

Sehingga perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin guna mengantisipasi terjadi  Bangsit di wilayah ini di Jayawijaya secara tak terduga.

Banua juga mengajak warga Jayawijaya agar tidak boleh terprovokasi dengan isu-isu yang meresahkan masyarakat, ataupun perbuatan-perbuatan yang dapat menimbulkan gangguan keamanan dan Ketertiban masyarakat jelang Natal dan Tahun Baru. Apalagi saat ini masih berada dalam situasi pandemi.

"Saya berpesan untuk tetap menjalankan Prokes (Protokol Kesehatan) yang sudah dianjurkan oleh pemerintah kepada masyarakat berupa 3 M yaitu ( Mencuci tangan, Menjaga Jarak dan Memakai Masker)," tutup Bupati.

Sementara itu, Dandim 1702/Jayawijaya, Letkol Inf Candra Dianto, SH mengatakan bahwa pihaknya bersama aparat Polres Jayawijaya rutin melakukan patroli untuk menjaga kamtibmas tetap terjaga.

"Kita tidak boleh menjadi pemicu terjadinya konflik, jangan arogan namun kedepankan sikap persuasif dan humanis dengan cara memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat sehingga mereka tahu bahwa apa yang mereka lakukan tersebut salah/ tidak baik," pungkas Dandim.

Lebih lanjut Dandim  mengatakan agar dalam pelaksanaan kegiatan apapun nantinya laksanakanlah dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.

"Laksakan kegiatan  sesuai dengan Standar Operasional Prosedur.  Apabila ada pengembangan situasi yang menonjol agar segera dilaporkan kepada Komando Atas," tegas Letkol Candra (Vin)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top