Pemda Target Tiga Pasar Rampung Tahun ini

WAMENA - Pemerintah kabupaten Jayawijaya menargetkan pembangunan tiga pasar, yakni Sinakma di distrik Wamena kota, Kimbim di distrik Asologaima dan pasar di distrik Yalengga rampung di tahun ini.

Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua, SE., M.Si., mengatakan untuk pasar Sinakma tahun ini masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan, seperti sejumlah los dan ruko bagi para pedagang.

"Untuk Sinakma ada tambahan ruko, sama pembangunan pasar yang kurang sehingga di tahun ini selesai," kata Bupati.

Sedangkan untuk di Yalengga, kata bupati, nantinya akan dibangun dua ruko yang diperuntukkan bagi masyarakat asli setempat, juga dengan isinya akan dibiayai pemda, agar mereka dapat bersaing untuk berbisnis.

"Ke depan kita juga akan rehab pasar Jibama, dan juga memperhatikan mama-mama yang berjualan di pasar Wouma, karena di dalam pasar sudah tidak muat sehingga banyak yang berjualan di luar pasar atau depan pertokoan, sehingga akan dipasang kanopi untuk mereka supaya tidak kena panas hujan," kata bupati.

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Jayawijaya, Semuel Munua mengatakan untuk pasar Sinakma dan Kimbim ditargetkan 12 Desember 2019 selesai pembangunannya.

Sedangkan yang di Yalengga, pekan lalu telah dilakukan pembebasan lahan dan sedang dibangun dua los pasar dan dua ruko.

"Anggaran pembangunan ketiga pasar tersebut Rp 9 miliar lebih sejak 2018-2019 yang bersumber dari DAK. Untuk di Sinakma dibangun 17 los dan 24 ruko dan di Asologaima 15 los," kata Munua di ruang kerjanya, Selasa (10/09/2019).

24 ruko yang dibangun di pasar Sinakma, nantinya akan dibicarakan lebih lanjut siapa saja yang harus mengisi ruko tersebut.

"Peruntukannya akan dibicarakan lagi, karena masyarakat menuntut untuk mereka tetapi sebelumnya pedagang non Papua yang dulunya ada kios di pasar itu juga harus diakomodir, sehingga apakah nantinya akan dibagi dimana dari 24 ruko dibagi dua, yaitu pedagang Papua 12 unit dan non Papua 12 unit agar dapat saling mengisi, nanti akan dibicarakan lagi," tutupnya. (Vin/YP).

    Cari Berita

    Pengumuman

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    top