Wakil Bupati Jayawijaya Marthin Yogogi Canangkan Jumat Bersih

WAMENA - Pemerintah Kabupaten Jayawijaya melakukan pencanangan ‘Jumat Bersih’ bagi seluruh lapisan masyarakat, hal itu dilakukan untuk menyikapi masalah kebersihan yang selalu menjadi pemicu banjir dibeberapa titik di dalam kota Wamena. Pencanangan hari kebersihan ini akan dituangkan dalam peraturan daerah guna memperkuat pelaksanaannya dilapangan.



Wakil Bupati Jayawijaya Marthin Yogobi, SH, M.Hum mengatakan melalui pencanangan kali ini diharapkan dapat lebih meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah disembarang tempat, terutama pada saluran air.

“Banyaknya sampah dalam drainase ini menjadi ancaman tersendiri bagi kelangsungan hidup warga masyarakat, karena jika terjadi hujan deras selama beberapa hari air akan meluap, dan masyarakat yang akan jadi korban,” ungkap Wakil Bupati usai melakukan pencanangan ‘Jumat Bersih’ di halaman Polres Jayawijaya, Kamis (21/2).

Menurutnya pencanangan Jumat bersih bukan hanya slogan atau ucapan sepintas di bibir saja, tapi harus dibarengi dengan suatu tindakan nyata dari seluruh stakeholder di Kabupaten Jayawijaya.

“Pemerintah Kabupaten Jayawijaya melalui Dinas Lingkungan Hidup selaku instansi teknis untuk lebih berperan aktif menangani persampahan ini, sehingga masalah banjir dan sampah yang menjadi polemik selama ini dapat terjawab,” imbuhnya. (Vin/JK)

    top