SMP YPPK Santo Thomas Gelar Simulasi UNBK

Wamena - Untuk menciptakan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang handal dan profesional , Pemerintah Kabupaten Jayawijaya terus berbenah diri. Melalui bidang pendidikan, niat untuk mewujudkan SDM itu dilakukan oleh insan pendidikan yang dimotori Kepala Sekolah dan dewan guru SMP YPPK Santo Thomas Wamena yang melaksanakan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) selama 2(dua) hari senin-selasa (19-20/2) di Wamena. Hal itu dibenarkan Kepala SMP YPPK Santo Thomas, Theresa E. Madaun,S.Pd ketika di konfirmasi.

Dijelaskan , simulasi UNBK tahun 2018 yang diikuti 91 siswa SMP YPPK Santo Thomas meliputi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA dan Matematika. “ 91 siswa yang mengikuti simulasi UNBK dan baru pertama kali dilaksanakan ini telah mempersiapkan diri dengan mengikuti les, bimbingan dan latihan ujian dengan menggunakan komputer” kata Theresa.

Untuk pelaksanaan UNBK pada tanggal 23-26 April 2018 mendatang, pihak sekolah menyediakan 31 unit komputer beserta jaringan internet” kata Theresa lagi.

Menurutnya, pelaksanaan UNBK tahun ini dinilai lebih efektif karena waktunya lebih singkat. “ Pada saat menjawab soal atau pertanyaan siswa hanya mengklik salah satu jawaban yang benar, bukan dengan membuat bulatan hitam dengan pensil yang membutuhkan waktu lebih lama,” tegas Theresa.

Disinggung dengan masih banyaknya siswa yang belum mengenal komputer, Theresa lebih jauh menuturkan telah mengantisipasi sejak dini dengan memperkenalkan komputer lebih awal kepada seluruh siswa. “ Pada awalnya memang masih terasa sulit bahkan ada siswa yang tidak mengenal komputer, tapi setelah dilakukan latihan dan simulasi secara rutin, saat ini siswa sudah terbiasa mengerjakan soal dan tugas menggunakan komputer,” katanya.

Sementara itu, Felly Renyaan dan Hera Huby yang dijumpai redaksi mengatakan , ujian berbasis komputer lebih enak dan mudah. “Kami mengalami kendala pada saat ada mata pelajaran yang harus menghitung, karena butuh waktu sedikit lebih lama namun itu sudah bisa diatasi,” kata Felly yang diiyakan Hera Huby.

Dengan UNBK ini waktunya lebih cepat dan tepat bahkan kami dapat mengantisipasi waktu ujian yang diberikan dengan mengerjakan soal-soal yang mudah terlebih dahulu. Untuk diketahui UNBK tahun pelajaran 2017-2018 dapat meluluskan siswa SMP YPPK Santo Thomas 100  persen seperti kelulusan siswa ditahun-tahun sebelumnya (AS/JS).

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top