Awal tahun 2018 Di Jayawijaya Akan Dibangun Rumah Sakit Vertikal

WAMENA – Kota Wamena sebagai kota jasa dan kota budaya terus berbenah diri dalam sektor pemerintahan dan pembangunan. Kesehatan sebagai salah satu kebutuhan utama bagi masyarakat semakin diseriusi oleh pimpinan daerah ini. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut harus didukung dengan sarana dan pra sarana yang memadai. Hal itu akan diwujudkan dengan pembangunan sebuah rumah sakit vertikal oleh pemerintah pusat melalui kementerian kesehatan di Wilayah adat Lapago tepatnya di distrik Muliama, Kabupaten Jayawijaya.

Wakil Bupati Jayawijaya Jhon R.Banua SE,M.Si ketika dikonfirmasi Rabu (5/4) membenarkan hal itu. “Lokasi pembangunan rumah sakit vertikal di distrik Muliama oleh pemerintah pusat sudah disetujui oleh semua pihak yang diperkuat dengan surat resmi gubernur Papua,” tegas Banua.

Pembangunan rumah sakit itu sendiri akan segera dilakukan setelah diterbitkan sertifikat tanah oleh kantor Agraria dan Tata Ruang selaku instansi teknis yang menangani,” katanya. Dalam pengelolaannya lanjut Banua, bila sertifikat tanahnya sudah sah akan dihibahkan oleh pembangunan rumah sakit vertikal tersebut sudah selesai akan dihibahkan oleh Pemerintah Kabupaten Jayawijaya kepada pemerintah pusat melalui kementerian kesehatan.

Menurutnya pembangunan rumah sakit vertikal di distrik Muliama sudah dialokasikan dalam APBD 2017 untuk pembayaran lokasi lahan yang dibutuhkan oleh Pemerintah Kabupaten Jayawijaya.

“Luas lahan yang disiapkan sebanyak 15 hektar meskipun yang diminta oleh pemerintah pusat hanya 10 hekatar, pada awal tahun 2018 akan dimulai pembangunannya sementara pada tahun 2017 akan dilakukan perencanaan dan melakukan penelitian amdal,” tambahnya. (Vin/jk)

    top