Seminar Pengembangan Pariwisata Berbasis Budaya Di Kabupaten Jayawijaya

Wamena, Humas Jayawijaya – Pencanangan pengembangan pariwisata perbasis budaya  adalah momentum yang sangat tepat untuk menumbuhkan potensi pariwisata di kabupaten Jayawijaya. Hal diungkapkan oleh Sekda Kabupaten Jayawijaya, Yohanes Walilo, S.Sos., M.Si., pada pembukaan Seminar Nasional Pengembangan Pariwisata Berbasis Budaya di Kabupaten Jayawijaya, yang dilaksanakan di Aula Bapeda Kabupaten Jayawijaya, Rabu 19 Oktober 2016.

Sekda juga menekankan bahwa pengembangan pariwisata berbasis budaya hendaknya juga dipandang dari sudut mata holistik dan tidak saja dari sudut pandang makro dan ekonomi bisnis tetapi juga sudat pandang sosiologi, kebudayaan, etnografi. Seni kreatif dan artistik, teknologi informasi dan internet, planologi dan bahkan dari  sudut studi pembangunann secara komprensif.
Sementara itu Asisten Deputi Infrastruktur Kementrian Koordinator Kemaritiman RI, DR. Ir. Ridwan Djamaludin, M.SC., usai seminar mengungkapkan bahwa potensi kabupaten Jayawijaya cukup baik sehingga bagaimana nanti dikembangkan dan dikoordinasikan dari pusat khususnya berkaitan dengan sarana dan prasara yang ada di kabupaten Jayawijaya.
“Mudah-mudahan dengan kita diskusi hari ini hal-hal yang perlu kita lakukan nanti ditindaklanjuti di pusat tentunya kita akan sampaikan ke pimpinan sehingga dengan demikian ini menjadi salah satu dari upaya kita untuk mengembangkan Papua khususnya di kabupaten Jayawijaya,” ungkapnya.
Masih pada kesempatan yang sama Kepala Bappeda Kabupaten Jayawijaya, Petrus Mahuze AP., M.Si., mengungkapkan bahwa dari seminar ini telah disepakati beberapa poin penting yang akan ditindaklanjuti.
“Jadi dari seminar ini telah kita sepakati beberapa poin untuk dilanjutkan kepada pemerintah pusat. Pemerintah daerah akan mempresentasikan kebutuhan-kebutuhan dari berbagai sektor yang didukung oleh pariwisata, kemen PU, dan perhubungan terkait konektifitas,” katanya.
Sehingga saat disampaikan disana dan menjadi bahan rencana strategis mereka untuk tahun 2017-2019. setidaknya apa yang bisa mereka lakukan untuk membantu pemerintah kabupaten Jayawijaya untuk membantu menata potensi-potensi unggulan kita yang ada disini.
Point-point tersebut diantaranya perbaikan infrastruktur seperti jalan, pengembangan jembatan atau tol udara, serta konektivitas ke wilayah-wilayah objek wisata, serata pembangunan beberapa objek-objek seni dan budaya yang akan kita bangun beberapa tahun ke depan.  (Vin)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top