Angka Positif HIV/AIDS DI Jayawijaya Menembus Angka 5.100 Orang

 WAMENA -  Peran TP.PKK sangat penting dan menjadi ujung tombak dalam meningkatkan derajat  kehidupan yang lebih baik lagi. Oleh karena itu, tentunya PKK diharapkan juga dapat memberikan masukan sosialisasi yang baik bagi pentingnya meningkatkan kualitas hidup generasi muda termasuk kesehatan Ibu hamil dan anak di daerah-daerah yang tidak bisa di jangkau diseluruh Papua.

Demikian sambutan Gubernur Papua Lukas Enembe S.IP MH. Yang di Wakili drg. Alosyus Giay. M.Kes. pada acara  Pelatihan TOT Sistem Informasi Posyandu TP.PKK Provinsi Papua Wilayah Adat La-Pago yang diikuti peserta dari 7 kabupaten wilayah adat La-Pago termasuk perwakilan dari BPMK, BKKBN, LSM  Peduli  kesehatan yang berlangsung selama  5 hari, di Aula Gedung Ukumiarek Asso Wamena.
Dikatakan dengan memberikan pelatihan sistem informasi posyandu TP.PKK dapat memberikan pembimbingan yang terarah mulai dari kampung, dan distrik. Hal itu sejalan dengan upaya PKK dalam mendukung program kesehatan bagi Ibu Hamil dan anak di daerah-daerah yang terpencil di wilayah Lapaggo.
Apalagi dengan adanya kegiatan melalui TOT sistem Informasi posyandu ini sebagai sarana dalam mencegah berbagai kasus-kasus yang akan terjadi khususnya peningkatan kesehatan masyarakat kampung  di 7 daerah adat di Papua termasuk di wilayah Lapago yang menjadi contoh dan kemudian berlanjut di daerah wilayah adat lainnya.
Ketua TP.PKK Provinsi Papua Ny. Yulce Enembe menambahkan Posyandu adalah ujung tombak pembangunan kesehatan kedepan, oleh karena itu peran serta PKK sangat diperlukan dimasa-masa akan dating. Kegiatan ini diharapkan juga sebagai percontohan Posyandu yang terintegrasi dengan PAUD, dan ketrampilan hidup  Live skil.
Pemeriksaan kesehatan Ibu dan anak menjadi hal yang penting sejalan dengan peningkatan hidup generasi bangsa, termasuk Iva serfik agar perempuan Papua mengetahui gejalan penyebab kanker rahim, yang akan dideritanya dan ada pencegahan lebih dini.
Bupati Jayawijaya yang diwakili Asisten Bagian Administrasi Umum Gaad Piranid Tabuni SP.MM menyampaikan kegiatan ini sebagai kegiatan yang baik di mana dapat meningkatkan hajat hidup orang banyak termasuk kesehatan  Ibu dan Anak.
Oleh karena itu Gaad Piranid berharap pemberdayaan terhadap masyarakat kampung, oleh TP PKK dapat meningkatkan kualitas hidup orang banyak. Melalui bimbingan TOT sistem Informasi Posyandu kepada anggota TP.PKK di wilayah adat Lapago sampai ke kampung dan distrik dengan baik secara berkesinambungan  dalam melahirkan generasi Papua yang hebat.
Apalagi tercatat bahwa tingkat kematian Ibu dan anak di daerah ini cukup tinggi termasuk angka kematian melalui bahaya penyakit HIV/AIDS yang sudah mencapai angka 5.100 orang dan hal ini sangat mengancam keberlangsungan hidup manusia. sehingga dengan kegiatan ini dapat memberikan kontribusi yang baik bagi peningkatan kesehatan di daerah ini. Kegiatan tersebut juga dilakukan penyematan tanda peserta bagi perwakilan peserta TP PKK. (TTS/Hms)

 

 

 

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top