Sistem Standar Akuntasi Pemerintah Berbasis Akrual Segera Diterapkan

 Wamena – untuk menciptakan pemerintahan yang bersih dan berwibawa bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) harus didukung dengan kualiatas sumber daya manusia (SDM) yang handal dan profesional. Hal itu dapat diwujudkan dengan penerapan sistem keuangan berbasis akrual bagi aparatus sipil negara (ASN). Hal itu dikatakan bupati Jayawijaya Wempi Wetipo, SH, MH saat membuka secara resmi sosialisasi penerapan pemerintah No.71/2010 tentang standar akuntansi pemerintah berbasis akrual di aula Bappeda Selasa (16/12).

Mau tidak mau, suka tidak suka sistem akuntansi berbasis akrual itu akan diterapkan diseluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Jayawijaya di tahun 2015 yang akan datang,” tegas Wempi. Oleh karena itu lanjut Wempi, pimpinan SKPD, pejabat eselon 3 dan 4, PPK dan bendahara wajib mengikuti sosialisasi ini,” ujarnya.
Menurutnya penerapan akuntansi berbasis akrual bagi pemerintah kabupaten Jayawijaya sebagai sentral perekonomian di wilayah Pegunungan Tengah menjadi tolok ukur berhasilnya penerapan sistem akrual tersebut untuk menjadi contoh bagi kabupaten pemekaran yang ada.
“Kita harus siap untuk menerima proses itu tidak ada toleransi lagi karena kita sudah ambil langkah untuk melakukan proses ini,” kata Wempi bijak.
Bupati Wempi Wetipo memberikan apresiasi kepada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Propinsi Papua yang telah mengadakan sosialisasi di Kabupaten Jayawijaya, sehingga diharapkan kepada pimpinan SKPD selaku pengguna anggaran, PPK, bendahara, maupun staf untukmengikuti sosailisasi ini dengan baik dapat kemudian mempraktekkan sistim ini dilingkungan SKPD masing-masing,” ujarnya.
BPKP sebagai lembaga audit yang juga membantu proses tersebut dapat memberikan petunjuk kepada peserta secara berkelanjutan, sehingga penerapan sistem akrual ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.
Sementara itu kepala Inspektorat Jayawijaya Edi Subiyanto selaku panitia penyelenggara melaporkan pelaksanaan sosialisasi berbasis akrual kali ini diikuti 74 peserta dari masing-masing SKPD yang ada di Kabupaten Jayawijaya terdiri dari pimpinan SKPD, kepala bagian/bidang, PPK dan bendahara. “Penerapan sistem akuntasi berbasis akrual ini akan dilaksanakan secara kontinyu dengan harapan laporan keuangan dari masing-masing SKPD akan semakin baik karena menggunakan sistem yang sama,” tandasnya.

 

 

 

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top