Pj. Bupati Jayawijaya Meresmikan Gedung Sekretariat Bersama FKUB

WAMENA - Penjabat Bupati Jayawijaya Dr. Sumule Tumbo, S.E., M.M, meresmikan gedung Sekertariat Bersama Forum Kerukunan Umat Bersama (FKUB) Jayawijaya, Sabtu (10/02/2024).

Penjabat Bupati Jayawijaya Dr. Sumule Tumbo, S.E., M.M, meresmikan gedung Sekertariat Bersama milik Forum Kerukunan Umat Bersama (FKUB) Jayawijaya

Foto : Vina Rumbewas

Pada kesempatan ini, Penjabat Bupati mengatakan FKUB dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sangat mendukung fungsi penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Sehingga Pemerintah dan FKUB berkolaborasi dan bersinergi dalam melayani masyarakat Jayawijaya.

“Setiap penyelenggaraan kegiatan yang kita laksanakan di Pemerintahan FKUB terlibat aktif didalamnya, karena FKUB berasal dari seluruh Agama yang ada di Jayawijaya dan telah optimal membina dan melayani jemaatnya,” ungkap Pj. Bupati.

Selama ini FKUB juga telah banyak melakukan pelayanan di panti-panti asuhan,  pelayanan anak terlantar, fakir miskin, dan lainnya. Untuk itu Pemerintah Daerah wajib mendukung.

“Kedepan kita upayakan untuk menjalin kerjasama yang baik, karena dalam UUD 1945 mengatakan bahwa fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara dan FKUB sudah lakukan dan kita pemda wajib mendukung keberlangsungannya,” tutur Beliau.

Pada kesempatan yang sama. Ketua FKUB Kabupaten Jayawijaya, Ps. Kornelius Basa Kopon,Pr menyampaikan suka cita dengan diresmikannya sekertarian bersama ini.

“Memang proses untuk sampai pada hari ini lumayan panjang kurang lebih 11 tahun. Kami dalam kepengurusan bersama dengan teman-teman semua bersepakat apa yang kami bisa buat untuk kerukunan di sini kami harus bisa buat dan salah satunya adalah sarana ini,” ungkapnya.

Mewakili FKUB dirinya menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Jayawijaya yang terus memberi dukungan, apa yang dikerjakan FKUB membantu kerja-kerja pemerintah.

“Selanjutnya gedung ini bisa digunakan bukan hanya FKUB tetapi semua elemen paguyuban ketika butuh tempat kami siap untuk itu,”pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kementrian Agama Jayawijaya, Tinus Giban menyatakan bahwa dengan adanya wadah FKUB yang representatif untuk menjaga kerukunan antar umat beragama di Papua Pegunungan khususnya Kabupaten Jayawijaya.

“Perlu ada sekretariat bersama seperti ini agar dapat duduk bersama menggagas program-program kerukunan umat beragama dan sosial lainnya dalam keberagaman keyakinan,” katanya.

Saat ini terdapat empat agama dan lima belas denominasi gereja yang ada di Jayawijaya. Untuk itu FKUB diharapkan membantu pemerintah menjaga keamanan dan kedamaian, sehingga semboyan Wamena sebagai Kota DANI dapat terwujud.

Dikesempatan yang sama, Pendeta Matius Gombo menyampaikan bahwa setelah bangunan ini diresmikan maka akan digunakan semua agama.

“Gereja-gereja dan juga FKUB, PGGJ dan semua agama akan kumpul di sini untuk doa bersama dan digunakan untuk kemajuan pelayanan di Jayawijaya”. (VIN/AR)

    Cari Berita

    Pengumuman

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    top