Pj. Bupati Jayawijaya Berkomitmen Dorong Penggunaan APBD untuk Kembangkan Potensi Daerah

WAMENA - Pj. Bupati Jayawijaya Dr. Sumule Tumbo, S.E., M.M mengatakan bahwa sebagai Penjabat Bupati dirinya berkomitmen untuk mendorong penggunaan APBD dalam membantu masyarakat yang memiliki komitmen untuk mengambangkan potensi di Distrik dan Kampung masing-masing.

“Sebagai Penjabat Bupati saya Berkomitmen untuk mendorong penggunaan APBD di dalam membantu masyarakat kita yang memang punya komitmen untuk usaha seperti ini. Ini akan kita data melalui Kepala Distrik dan Aparat Kampung,” katanya, disela-sela kunjungannya di Kampung Pugima Distrik Walelagama - Jayawijaya, Jumat (09/02/2024).

Pj. Bupati Jayawijaya Dr. Sumule Tumbo, S.E., M.M saat berkunjung ke Kampung Pugima Distrik Walelagama

Foto : Vina Rumbewas

Tambahnya, saat ini karena rancangan perda APBD sudah di setujui sebelum dirinya dilantik pada 19 Desember 2023 lalu, dan hasil evaluasi gubernur tentang rancangan APBD Jayawijaya sudah selesai dan sementara berproses sehingga dirinya meminta Kepala Distrik dan Kampung untuk proaktif melihat sumberdaya alam yang potensial di daerah masing-masing.

“Program prioritas kami juga antara lain adalah dalam mencanangkan pembukaan kebun  atau sawah (sesuai kondisi masing-masing distrik) yakni 1 hektar disetiap distrik. Kami juga komitmen untuk pengadaan handtraktor, bibit sayuran dan seluruh sarana produksi yang dibutuhkan,” jelasnya.

Menurutnya, dari pembukaan lahan pertanian di setiap distrik nantinya akan memberikan kontribusi dalam penanganan stunting di Jayawijaya.

“Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya sebanyak 537 anak yang lahir mengalami stunting. Jayawijaya juga masuk dalam status miskin ekstrim dan ini menjadi tantangan bersama para Kepala Distrik dan Kampung. APBD kita arahkan untuk pengentasan kemiskinan ekstrim,” tuturnya.

Oleh sebab itu, Pj. Bupati meminta dukungan Kepala Distrik dan Kepala Kampung untuk bersama mengambil komitmen untuk menghapus status masyarakat miskin di Jayawijaya.

“Ini sangat penting bagi kita, dibutuhkan kolaborasi, kerjasama yang baik dan sinergitas, baik Pemerintah Pusat, Provinsi, dan Pemda Jayawijaya. Mohon seluruh komponen masyarakat untuk partisipasi aktif dalam pelayanan masyarakat dan proses pembangunan di Jayawijaya, dengan menggunakan potensi APBD kita yakni kurang lebih Rp 1.7 Trilyun, mudah-mudahan ini bisa mengentaskan kemiskinan ekstrim dari Jayawijaya,” jelas Beliau.

Masih lanjut Dr. Sumule Tumbo, S.E., M.M, dirinya juga berharap dapat mengawal pelaksanaan dan mengantarkan pemilihan Gubernur dan Bupati defenitif nanti, yang tentunya semua tidak terlepas dari dukungan seluruh stakeholder.

“Pemda Jayawijaya tidak akan optimal tanpa dukungan stakeholder dan masyarakat, kami sebagai Penjabat Bupati Jayawijaya berkomitmen mendorong pengelolaan anggaran kita secara efektif, transparan, dan bertanggungjawab, dengan memperhatikan azas keadilan, kepatutan, dan manfaat untuk masyarakat,” pungkas Pj. Bupati. (VIN/AR)

    Cari Berita

    Pengumuman

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    top