Pelatihan Bagi Tenaga Pengelolah Penyusunan Data Dan Informasi Perpustakaan

Wamena - Asisten I Sekda Jayawijaya Drs.Tinggal Wusono, MAP, Mewakili Bupati Jayawijaya membuka kegiatan pelatihan tenaga pengelolah penyusunan data dan informasi perpustakaan daerah yang di selenggarakan di Gedung sekolah minggu GKI Betlehem Wamena, Kamis (05/10/2023).

Asisten I Sekda Jayawijaya Drs. Tinggal Wuson, M.AP Saat membuka kegiatan Pelatihan Tenaga Pengelolah Penyusunan

 data dan Informasi Perpustakaan Daerah. Foto : Imanuel Sawaki

Asisten I Sekda Jayawijaya saat membacakan sambutan Bupati Jayawijaya, mengatakan bahwa “dengan disahkannya uu nomor 43 tahun 2007  tentang Perpustakaan dan peraturan Pemerintah nomor 18 tahun 2016 tentang Oraganisasi Perangkat  Daerah. Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah dan peraturan bupati Jayawijaya  nomor 60  tahun 2016  tentang organisasi  dan tata kerja Dinas perpustakaan dan arsip daerah kabupaten Jayawijaya sebagai tindak lanjut. Dengan adanya undang-undang perpustakaan  telah menjawab tantangan ke depan yang dirasa lebih berat lagi karena kondisi sekarang yang terjadi perubahan sikap hidup  materialistik, individualistik, presentik dan orientasi hidup kekinian yang cendrung melupakan masa lalu dan mengabaikan masa depan, lemahnya kesadaran  membaca di masyarakat padahal dengan membaca dapat membuka wawasan masyarakat. perpustakaan merupakan jendela dunia  dan membaca merupakan kebutuhan bagi setiap orang

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh asisten I Sekda, Bupati Jayawijaya juga mengharapkan agar Perpustakaan juga dapat bersaing di era digital karena dengan membaca, akan memberikan dampak baik kepada anak-anak agar dapat terhindar dari kecanduan HP, juga kepada lansia karena dengan membaca dapat meningkatkan daya ingat.

“Penyelenggaraan  perpustakaan sejak tahun 2013 telah beralih dari yang manual menjadi pengelolaan secara digital  dimana sudah ada pojok baca digital  di area publik  juga  e-book sehingga dapat membantu pemustaka untuk mendapat kesempatan membaca dimana saja dan kapan saja. Sejak  tahun 2020 sampai 2022 Dinas perpustakaan dan arsip kabupaten  Jayawijaya telah bermitra dengan perpustakaan nasional  dalam program tranformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial  dan telah menerima bantuan 1 server dan 2 unit komputer untuk layanan ke masyarakat juga 7 perpustakaan  kampung  telah menerima bantuan dari perpustakaan nasional berupa 1 unit tv 43 inci, 3 unit komputer, rak buku dan buku. Adapun kampung penerima manfaat dari program ini adalah kampung pikhe, Pisugi, Aikima, Suroba, (Distik Pisugi) Sinarekowa, Pipitmo dan Ketimafit (Distrik Wouma)” ungkap Asisten I Setda Jayawijaya.

Asisten I Sekda Jayawijaya Drs. Tinggal Wuson,M.AP Saat foto Bersama peserta Pelatihan

Foto : Imanuel Sawaki

Asisten I Setda Jayawijaya menambahkan “pengelolaan  perpustakaan  yang baik adalah pengelolaan  perpustakaan  sesuai standar dimana harus ada gedung perpustakaan sendiri yang terdiri dari ruang baca umum,ruang baca khusus buat  anak- anak juga kaum dasabilitas, juga ruang pengelolaan bahan perpustakaan dan ruang layanan digital yang terpisah dari gedung kantor, kami juga  sangat mengharapkan adanya pustakawan  pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Jayawijaya karena dengan adanya pustakawan  pengelolaan perpustakaan dapat terarah dan berjalan sesuai aturan yang berlaku dan sesuai kebutuhan pemustaka.”

Di akhir sambutannya, asisten I Sekda mengatakan “ Pemerintah Daerah mengucapkan banyak terimakasih kepada Dinas perpustakaan dan arsip daerah atas terselenggaranya kegiatan pelatihan tenaga pengelolah perpustakaan kampung dan perpustakaan sekolah  ini, kami sangat berharap agar kegiatan ini dapat berkelanjutan sehingga penyelenggaraan  perpustakaan di Kabupaten Jayawijaya akan lebih baik lagi”. (IS/AR)

 

    1 Komentar

    Pemina tabuni

    10 Oktober 2023

    Saya mau ikut tapi persiapan

    Cari Berita

    Pengumuman

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    top