Noken Street Fashion menjadi tema dalam Karnaval ke - 31

WAMENA - Karnaval Budaya Noken Street Fashion menjadi tema dalam karnaval ke-31 tahun 2023 yang dilaksanakan di Depan Tugu Salib, Kamis (10/8/23).

Dalam Karnaval tersebut Bupati Jayawijaya Jhon Richrad Banua, SE, M.Si memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana yang sudah bekerja keras mempersiapkan rangkaian kegiatan mulai dari FBLB hingga Karnaval Budaya hingga dapat di persiapkan dengan baik dan lancar.

Karnval Budaya tersebut menjadikan Noken sebagai icon yang ditampilkan dari berbagai tingkat peserta Kanak-kanak,SD,SMP,Perguruan tinggi,paguyuban,dan mobil hias dari OPD-OPD Pemerintah Kabupaten Jayawijaya.

Karnaval Budaya ditingkat SMP Kabupaten Jayawijaya

Foto: Imanuel Sawaki

“Noken merupakan tas tradisional masyarakat Papua Pegunungan yang dibawa dengan menggunakan kepala dan terbuat dari serat kulit kayu dan digunakan juga untuk membawa barang-barang kebutuhan sehari-hari” ungkap Bupati Jayawijaya.

Selain itu, Bupati juga mengatakan bahwa Noken sudah ditetapkan UNESCO sebagai warisan Budaya Dunia dan merupakan simbol perwujudan sikap saling menghargai perbedaan dan menjunjung tinggi solidaritas kehidupan bermasyarakat.

“Tetapi seturut dengan perkembangan zaman noken berkembang penggunaanya di bidang Fashion, dimana bahan noken digunakan untuk pembuatan pakaian yang dipakai oleh kaum wanita dalam berbagai bentuk seperti dress, rok,hiasan dikepala, dan sebagainya” ungkap Bupati.

Beberapa Pragawati menampilkan fashion unik dari noken dalam Karnaval Budaya di depan Tugu Salib

Foto : Imanuel Sawaki

Peserta yang ikut dalam karnaval budaya terdiri dari tingkat kanak-kanak ada 18 sekolah, SD ada 23 sekolah, SMP ada 14 sekolah, SMA/SMK 13 Sekolah, 5 Perguruan tinggi, dan tingkat Paguyuban ada 7 Ikatan dan 1 kelompok tingkatan alumni, dan juga 5 organisasi persaudaraan, dan untuk kendaraan hias ada 10 OPD.

Hal ini diungkapkan oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Jayawijaya Thony M. Mayor, S.PD, MM di akhir acara karnaval. Lanjut Sekda Jayawijaya mengungkapkan pengumuman akan di dilakukan oleh panitia acara dan akan dirapatkan kembali.

Sekda Jayawijaya juga mengingatkan rangkaian memperingati kemerdekaan RI masih berlanjut di hari senin tanggal 14 agustus ada Lomba Gerak Jalan di depan Tugu Salib. (AW/AR)

    Cari Berita

    Pengumuman

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    top