Peringati Hari Koperasi, Pemda Jayawijaya Gelar Pasar Murah di Kurulu

WAMENA - Wakil Bupati Jayawijaya, Marthin Yogobi, SH., M.Hum menjadi inspektur Upacara Hari Koperasi Ke-76 Tahun 2023 yang berlangsung di halaman kantor Distrik Kurulu, Rabu (12/07/2023).

Dalam Pidato Menteri Koperasi dan UKM yang dibacakan Wakil Bupati Jayawijaya disampaikan bahwa koperasi merupakan organisasi ekonomi yang fungsi utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat.

Pemerintah sendiri saat ini fokus pada pengembangan koperasi sektor riil guna membangun ekonomi anggota dan masyarakat yang lebih luas.

“Dari sisi peluang, koperasi sektor riil memiliki banyak potensi mulai dari pertanian, peternakan, perikanan, perdagangan, jasa, pariwisata dan banyak macam usaha lain,” ungkap beliau.

Peringati Hari Koperasi, Pemda Jayawijaya Gelar Pasar Murah di Kurulu

Foto : Vina Rumbewas

Setiap wilayah kota/kabupaten di Indonesia pasti memiliki potensi unggulan seperti komoditas, kerajinan, destinasi wisata, atau lainnya.

Koperasi sektor riil harus menjadi pemain utama dalam potensi unggulan tersebut, yang bertujuan memberikan nilai tambah yang dihasilkan dapat sebesar-besarnya terdistribusi kembali ke anggota dan masyarakat.

“Untuk memajukan koperasi di Indonesia dibutuhkan landasan hukum yang kuat sebagai pegangan bagi semua pihak baik pemerintah, masyarakat, aparat penegak hukum, dan pihak lainnya,”.

Sehingga lanjut Wakil Bupati, saat ini Kemenkop UKM tengah menyusun RUU Perkoperasian sebagai pengganti UU No.25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian.

RUU Perkoperasian ini dirancang untuk mendorong koperasi lebih adaptif terhadap perubahan dan perkembangan ekonomi, teknologi, sosial dan budaya secara global.

“Dengan adanya pembaruan UU Perkoperasian, kita berharap koperasi mampu menjawab tantangan zaman dan memiliki daya saing dan daya sanding yang besar,” jelasnya.

Usai memimpin upacara, Wakil Bupati menyempatkan mengunjungi pasar murah yang digelar dalam rangka perayaan HUT Koperasi di Jayawijaya tahun 2023 ini.

Dalam kegiatan pasar murah tersebut dijual berbagai kebutuhan pokok mulai dari minyak goreng, beras, gula dan berbagai kebutuhan bahan makanan pokok lainnya. (VIN/YUS)

    Cari Berita

    Pengumuman

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    top